Rabu, 12 Desember 2012

makalah Penjaskes

BAB I

PENDAHULUAN



Jenis permainan tradisional di indonesia itu sangat beragam. Ada permainan tradisonal yang tidak banyak memerlukan energi. Jika di mainkan dan ada juga yang harus memerlukan banyak gerak hingga memgeluarkan keringat.
Permainan yang tergolong dalam banyak gerak dapat disajikan sebagai materi pemanasan dalam pendidikan jasmani
Untuk ditanah air kita ini setiap daerah kaya akan permainan-permaian baik yang menggunakan alat maupun yang tampa alat. Permaian-permaian tersebut biasanya dimainkan oleh anak-anak pada saat-saat mereka berkumpul. Dengan adanya permainan-permainan yang bermacam ragam yang hidup dimsyarakat ini, merupakan keuntungan bagi para guru pendidikan jasmani. Mereka tidak akan kehabisan sumber bahan karena sumbernya terdapat dimasyarakat itu sendiri.
Disini guru pendidikan jasmani dapat menciptakan permainan dengan berbagai macam gerakan yang berbeda-beda, sehingga perserta didik tidak merasa bosan terhadap permainan yang sama. dalam satu alat dapat menciptakan ratusan macam permaian-permaian salah satunya permaian mengambil bola.


1.      Apa yang dimaksud dengan permainan jaring ikan?
2.      Bagaimana jenis permaianan jaring ikan?
3.      Bagaimana cara bermain permaianan jaring ikan?


     Memberikan penjelasan tentang permainan jarring ikan yang juga merupakan suatu bentuk olahraga kecil.




BAB II
PEMBAHAAN

A.    Pengertian Permainan Jaring Ikan
Permainan jaring ikan adalah permainan daerah yang digunakan sebagai bagian dari olahraga. Permaianan jarring ikan yaitu menagkap orang-orang yang di umpamakan berekor-ekor ikan, dan beberapa orang yang di umpamankan sebagai jarring, dimana jarring akan menangkap ikan-ikan yang berada di dalam kolam tersebut.

B.     Jenis Permaianan Jaring Ikan
Jenis permainan                                : permaian jarring ikan
Jumlah pemainan                           : 20 orang
Pembagia Pemain                          : 4 orang sebagai jarring, 16 orang sebagai ikan
Jarak pemain & bola                      : tak terbatas
Tempat                                          : dihalaman atau dilapangan
Lama waktu yang digunakan        : tergantung pada kecepatan para pemain

C.    Cara bermain Jaring Ikan
·         Permaian ini dimainkan oleh 20 orang atau lebih. Permaianan ini biasanya dimainkan di halaman yang besar seperti lapangan sekolah.
·         Mula-mula buat lah kotak yang berukuran panjang 20 m dan lebar 15 meter.
·         4 orang menjadi jaring dan 16 orang menjadi ikan yang berada di dalam kolamyang menjadi ikan harus gesit bergerak untuk menghindari tangkapan jaring
·         Jaringpun sigap menagkap ikan-ikan yang berada di dalamkolam
 

1.      Aba-aba
Intruksi permainan dengan cara berhitung dimulai dari hitungan ke 1 s/d ke 3. Dan sampai hitungan ke 3 pemain (ikan) harus  berlari.
Ø  Satu
Ø  Dua
Ø  Tiga

2.      Aturan Main
a.       Ikan boleh berlarian sebebasnya did lam kolam
b.      Jaring yang terdiri dari 4 orang harus menangkap ikan-ikan tersebut (posisi harus tetap berpegangan tidak boleh sampai lepas)
c.       Ikan dapat menambah kekuatan dengan mengumpulkan 4 ikan, sehingga jaring akan menjadi bertambah menjadi 8 orang.
d.      Ikan yang suidah ditangkap tidak boleh melepaskan diri lagi. Ikan hars mengikuti kemana jaring bergerak.


BAB III

PENUTUP



Permanan jaring ikan merupakan olahraga ringan yang bsia dilakukan bersama teman-teman. Dengan berolahraga kita dapat meminimaliir penyakit yang akan timbul. Permainan jaring ikan juga merupakan suati bentuk hiburan.

                                                Permaian ini terdapat unsur kecepatan, kecakapan dalam bertindak. Menciptakan kekompakan dan kerja sama yang baik, disamping itu pemain merasa memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan kelompoknya. Dan dengan berlari tersebut pemain dapat membentuk kekuatan dan membentuk otot kaki.



Marilah kita isi hari-hari dengan melakukan olahraga secara rutin. Karena, dengan berolahraga kita dapat mencegah berbagai macam penyakit yang kanmenyerang.



1 komentar:

  1. Top 10 best Titanium Nitride Products in 2021 | TITaniumArts
    This is your titanium cerakote best titanium nitride product. The best Titanium nitride tittanium products from our industry experts. The best Nitride nano titanium by babyliss pro products with titanium vs ceramic our titanium pry bar

    BalasHapus